RUMAH PERADABAN DOMPU TAHUN 2019

Kota Dompu di Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu lokasi Rumah Peradaban tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Balai Arkeologi Bali. Rumah Peradaban (RP) merupakan media interaksi dan wadah informasi hasil penelitian arkeologi dalam upaya memperkokoh khasanah budaya bangsa serta Pendidikan karakter bangsa untuk masyarakat dan dunia pendidikan. RP Dompu dilaksanakan untuk memperkenalkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Dompu kepada peserta didik dan masyarakat umum.

 

Dompu memiliki riwayat sejarah panjang yang bisa ditelusuri salah satunya melalui penelitian arkeologi. Situs arkeologi yang terdapat di Kabupaten Dompu antara lain Situs Nangasia, Situs Hu’u, Situs Doro Bata, Situs Tambora, Situs Doro Bente dan Situs Doro Mpana. Banyak nilai-nilai luhur yang bisa kita teladani dari hasil penelitian tersebut untuk kehidupan saat ini.

 

Rumah Peradaban Dompu dilaksanakan pada tanggal 5-7 September 2019, dengan melibatkan peserta didik tingkat SMP. Adapun kegiatan dalam RP Dompu yakni Sosialisasi Arkeologi, Destinasi Pendidikan, Pameran dan Archaeology Goes to School. Sosialisasi dan pameran arkeologi diadakan di aula Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dompu. Dalam kegiatan Destinasi Pendidikan peserta didik akan diajak mengunjungi Situs Doro Bata. Dalam Kegiatan Archaeology Goes to School tim akan mengunjungi sekolah-sekolah untuk memperkenalkan ilmu arkeologi dan situs arkeologi yang ada di Kabupaten Dompu. Diharapkan melalui kegiatan Rumah Peradaban ini, para generasi muda dapat mengetahui, memaknai dan mencintai budayanya. Sehingga mereka menjadi bangga akan budaya yang dimilikinya.