PENELITIAN SITUS DORO BATA - 2018

Saring Konten

PENELITIAN SITUS DORO BATA - 2018


Penelitian di Situs Dorobata telah berlangsung beberapa tahap, hingga saat ini sudah 16 tahap yang dilaksanakan pada bagian lereng  dan areal puncak bukit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bentuk, ruang, waktu, fungsi, dan makna Situs Doro Bata.  Pengumpulan data akan dilakukan melalui observasi dengan teknik ekskavasi, studi pustaka, dan wawancara, kemudian dianalisis secara spesifik, himpunan, konteks, komparatif. Dari seluruh tahapan penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan sementara bahwa Bukit Dorobata berbentuk teras dengan tujuh undakan dan sebuah tangga masuk dari arah barat, dan pada bagian puncaknya ditemukan struktur pondasi yang diduga sebagai pondasi bangunan dengan konstruksi kayu.

Temuan yang berhasil ditemukan pada bagian puncak teras ini berupa batu bata berukuran besar berbingkai sisi genta, ada pula yang salah satu sisinya berbentuk setengah lingkaran dan bata bertias miring, yang semuanya itu lazim terdapat pada bangunan candi yang memiliki hiasan relief. Selain itu ditemukan pula fragmen pedupaan, kendi, kereweng, keramik, uang kepeng yang cenderung digunakan sebagai sarana upacara. Temuan yang sangat menarik lainnya adalah nisan polos dan berhias yang dikelilingi oleh struktur bata persegi empat panjang di atas bukit Dorobata yang diduga jirat kubur, merupakan indikasi pemakaman masa Islam.

Hal tersebut memperkuat dugaan para budayawan Dompu yang mengungkapkan bahwa situs ini merupakan pusat kekuasaan pada akhir masa ssHindu-Buddha dan awal masa Islam. Dugaan ini diperkuat dengan catatan Raffles bahwa pada tahun 1815 akibat letusan Gunung Tambora Istana Bata di Dorobata dipindahkan ke sebelah utara Sungai Nae, yang lokasinya sekarang berada di areal Masjid Raya Baiturrahman, Dompu. Bangunan ini pada masa Prasejarah berfungsi sebagai media pemujaan leluhur, masa Hindu-Buddha juga memiliki fungsi sebagai media pemujaan, dan Masa Islam diduga sebagai istana dan pemakaman.

 

Ditulis oleh: I Nyoman Rema