PENEMUAN SARKOFAGUS DI DESA TEGALLINGGAH, BULELENG

Saring Konten

PENEMUAN SARKOFAGUS DI DESA TEGALLINGGAH, BULELENG


Beberapa waktu lalu Balar Bali mendapat laporan dari masyarakat berkenaan dengan temuan sarkofagus di Kabupaten Buleleng. Berdasarkan laporan masyarakat tersebut, pada tanggal 3 April 2021 Balar Bali berkesempatan menerjunkan tim peneliti untuk melakukan peninjauan langsung ke lokasi.

 

Tahukah kalian apa itu sarkofagus? Sarkofagus adalah tinggalan masa prasejarah berupa peti kubur yang umumnya terbuat dari batu dan berfungsi sebagai wadah untuk meletakkan jenazah.

 

Sarkofagus ini ditemukan pinggir jalan desa, yaitu akses jalan Banjar Dinas Gunung Sari, Desa Tegallinggah, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Sarkofagus yang ditemukan berjumlah 1 (satu) buah ini terdiri dari wadah bagian bawah. Penemu sarkofagus bernama Komang Rediawan menceritakan bahwa temuan peti kubur ini bermula ketika beliau menggali lubang untuk keperluan membuat pondasi pelinggih di depan rumah.

 

Sarkofagus yang ditemukan ini terbuat dari batu tufa (paras) dengan ukuran panjang keseluruhan 135 cm, lebar atas 76 cm dan lebar bawah 62 cm, tebal 9 cm serta kedalaman lubang 31 cm. Pada bagian depan (muka) terdapat tonjolan berjumlah 1 buah dan sebelah bawah (kaki) terdapat tonjolan berjumlah 2 buah. Dari informasi penemu, di dalam sarkoafgus ini tidak terdapat isi, baik itu rangka maupun bekal kubur.

 

Banyak informasi menarik yang berhasil tim peneliti kumpulkan selama survei kemarin, penasaran? Langsung saja kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi.

 

Ditulis oleh: Gendro Keling